News

Ketua Barisan Merah Putih Kota Jayapura Imbau Masyarakat Jaga Persatuan Jelang Pilkada dan Hindari Informasi Hoax

Jayapura, 6 September 2024 – Ketua Barisan Merah Putih Republik Indonesia Kota Jayapura, Niko Mauri, mengimbau masyarakat Papua dan Kota Jayapura agar tidak terprovokasi oleh isu-isu yang tidak bertanggung jawab dan berpotensi memecah belah persatuan bangsa. Imbauan ini disampaikannya dalam wawancara di Jayapura pada Rabu (4/9/2024).

Niko Mauri menekankan pentingnya keterlibatan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban bersama aparat keamanan, yakni Polri dan TNI, khususnya menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Kami mengimbau kepada masyarakat di Papua, terutama di Jayapura, untuk tidak terpengaruh oleh isu-isu yang disebarkan oleh kelompok tertentu yang tidak bertanggung jawab. Kita sedang menghadapi agenda besar, yaitu Pilkada,” ujarnya.

Ia juga menekankan bahwa masyarakat Papua perlu menjaga ketenangan agar proses Pilkada dapat berlangsung sesuai aturan.

“Kita harus memastikan tidak ada kelompok yang sengaja memprovokasi atau mengadu domba masyarakat,” tambah Niko Mauri.

Menurutnya, kehadiran TNI dan Polri selama ini telah memberikan rasa aman di Papua. Oleh karena itu, ia berharap masyarakat tetap solid menjaga situasi kondusif agar Pilkada berjalan dengan damai.

“Papua adalah tanah damai. Kita harus saling bergandeng tangan dan menjaga situasi, agar Pilkada dapat terlaksana dengan aman dan kita bisa memilih pemimpin yang memiliki dedikasi tinggi untuk membangun Papua, khususnya Jayapura,” tegasnya.

Di tempat terpisah, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Pol. Dr. Bayu Suseno, menyampaikan bahwa pihaknya juga akan berperan aktif dalam mengamankan jalannya Pilkada, terutama di wilayah yang sering terganggu oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan Kelompok Kriminal Politik (KKP).

“Tentunya, Satgas Ops Damai Cartenz-2024 akan memberikan bantuan pengamanan kepada Polda Papua agar pesta demokrasi ini berjalan dengan baik dan aman,” ujar Kombes Pol. Bayu Suseno.

Ia menambahkan, peran serta masyarakat dan para tokoh di Papua sangat penting untuk mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *