News

Thomas Ch. Syufi: Masyarakat Sipil Sebagai Korban Aksi Pelanggaran HAM KKB

Jayapura– Direktur Eksekutif Papuan Observatory for Human Rights (POHR), Thomas Ch. Syufi, mengeluarkan pernyataan yang tegas terkait tindakan yang dilakukan oleh Kelompok Krimal Bersenjata (KKB).

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh KKB selama ini bukanlah bentuk perjuangan untuk hak asasi manusia (HAM), melainkan justru pelanggaran terhadap HAM itu sendiri.

Syufi menegaskan bahwa tindakan kekerasan yang sering dilakukan oleh KKB di berbagai wilayah Papua telah menimbulkan dampak yang merugikan masyarakat sipil.

Banyak warga sipil yang menjadi korban, baik secara fisik maupun psikis, akibat dari aksi-aksi yang dilakukan kelompok KKB tersebut.

“Pelanggaran HAM telah dilakukan oleh Kelompok KKB. Aksi-aksi kekerasan yang mereka lakukan tidak sejalan dengan prinsip-prinsip HAM,” ujarnya di Jayapura, (12/9).

Menurutnya, kekerasan hanya akan memperburuk situasi dan menambah penderitaan bagi rakyat Papua yang seharusnya dilindungi hak-haknya.

Dengan pernyataan ini, Thomas Ch. Syufi berharap ada evaluasi mendalam terhadap berbagai aksi yang mengatasnamakan perjuangan rakyat Papua, sehingga bisa mencegah terjadinya lebih banyak pelanggaran HAM di masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *