News

Kompolnas Apresiasi Satgas Damai Cartenz Gunakan Pendekatan Damai Bebaskan Pilot Susi Air

Timika- Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyampaikan apresiasi terhadap keberhasilan Satgas Damai Cartenz dalam membebaskan pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens, yang sempat disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

Penghargaan ini disampaikan oleh Komisioner Kompolnas Poengky Indarti di Jakarta pada Sabtu, 21 September 2024.

Poengky menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Polri, khususnya Satgas Damai Cartenz, serta pihak-pihak terkait yang berperan dalam proses pembebasan tersebut. Menurutnya, keberhasilan pembebasan sandera dengan pendekatan damai atau soft approach menunjukkan komitmen Satgas dalam mengutamakan solusi tanpa kekerasan.

“Kompolnas mengucapkan terima kasih kepada Satgas Damai Cartenz, tokoh masyarakat, agama, adat, serta semua pihak yang membantu upaya pembebasan sandera,” ujar Poengky.

Sejak awal penculikan yang terjadi pada 7 Februari 2023, Kompolnas secara aktif melakukan pertemuan dengan Satgas Damai Cartenz-2024 untuk mendiskusikan berbagai upaya pembebasan. Dalam pertemuan-pertemuan tersebut, Kompolnas mendorong pendekatan damai dan humanis, menghindari kekerasan dalam penyelesaian kasus.

“Kompolnas telah beberapa kali bertemu dengan Satgas Damai Cartenz-2024 untuk memberikan supervisi dan masukan, agar pembebasan sandera dilakukan dengan pendekatan damai yang lebih mengedepankan kemanusiaan,” tambahnya.

Poengky berharap bahwa kasus penyanderaan ini menjadi yang terakhir, dan Papua dapat berkembang menjadi wilayah yang lebih aman, damai, serta sejahtera di masa mendatang.

Kapten Philip Mark Mehrtens, pilot Susi Air, akhirnya dibebaskan setelah 1,5 tahun berada dalam cengkeraman KKB. Proses pembebasan ini berhasil dilakukan oleh Satgas Damai Cartenz-2024 dan gabungan TNI-Polri, di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga, pada Sabtu, 27 September 2024.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz-2024, Kombespol Bayu Suseno, juga mengucapkan terima kasih kepada Kompolnas atas koordinasi yang terjalin selama proses pembebasan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kompolnas yang telah berkoordinasi secara intensif dengan Satgas Ops Damai Cartenz-2024 dalam upaya pembebasan Kapten Philip Mehrtens,” tutup Bayu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *