News

FPK: Rencana Pemindahan Makam Theys Adalah Keinginan Keluarga

Manasse Taime: Rencana Pemindahan Makam Theys Bukan Ide Bupati Jayapura Melainkan Ide Keluarga Besar Theys Eluay

Makam Theys Dijadikan Tempat Kegiatan Negatif, Keluarga Eluay Sepakat Memindahkan Ke Rumah Obhe Kampung Sereh Tempatnya Lebih Terhormat

FPK: lmarhum Theys Sebelum Meninggal, Ia Menginginkan Jenazahnya Dimakamkan Di Obhe Kampung Sereh Rumahnya Sendiri

Jayapura- Kontroversi pemindahan makam tokoh Papua, Theys Hiyo Eluay, di Sentani, Kabupaten Jayapura, telah memicu perdebatan di masyarakat.

Seperti dilansir dari KABARPAPUA.CO, Bernard Manasse Taime, Ketua Forum Peduli Kemanusiaan (FPK), memberikan klarifikasi bahwa rencana pemindahan makam ini bukan inisiatif Penjabat Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, melainkan keinginan dari pihak keluarga besar Theys Eluay.

Manasse menjelaskan bahwa lokasi makam saat ini sering disalahgunakan untuk kegiatan negatif seperti mabuk-mabukan, penggunaan narkoba, dan bahkan perilaku tidak senonoh. Kondisi ini mendorong keluarga Besar Eluay untuk memindahkan makam Theys Hiyo Eluay ke depan Obhe Kampung Sereh, yang juga merupakan rumahnya, sebagai langkah untuk menjaga kehormatan dan kebersihan makam.

Manasse, menekankan bahwa sebagai Ondofolo (raja), sudah sepatutnya makam Theys ditempatkan di lokasi yang lebih terhormat dan mudah diakses bagi mereka yang ingin berziarah.

Selain itu, Manasse menegaskan bahwa mereka yang menentang pemindahan makam ini umumnya adalah orang-orang yang tidak peduli dengan kondisi makam sebelumnya. Dia mengimbau agar semua pihak menghormati keputusan keluarga dan tidak menambah kegaduhan.

Keputusan pemindahan makam ini juga sejalan dengan pesan almarhum Theys Hiyo Eluay sebelum meninggal, yang menginginkan agar jenazahnya dimakamkan di depan Obhe Kampung Sereh.

Manasse menutup dengan kritik terhadap pihak-pihak yang memberikan komentar tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan keluarga Theys Eluay.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *